1.3 Jenis-jenis Surat

1.3.4 Jenis surat berdasarkan proses penyelesaiannya
Berdasarkan proses penyelesaiannya, surat dibagi menjadi menjadi 3 macam, yaitu surat sangat segera, surat segera, dan surat biasa.
A. Surat sangat segera
     Surat sangat segera adalah surat dengan pengirimannya mendapat prioritas pertama agar segera sampai kepada penerimanya.
B. Surat segera
     Surat segera adalah surat yang harus segera disampaikan kepada penerimanya, tetapi bukan berarti yang mendapat prioritas pertama.
C. Surat biasa
     Surat biasa adalah surat yang harus disampaikan kepada penerimanya, tetapi tidak mendapat prioritas utana seperti yang terjadi pada surat sangat segera dan surat segera.

1.3.5 Jenis surat berdasarkan jumlah penerimanya
Jenis surat berdasarkan jumlah penerimanya atau sasaran yang dituju dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu surat biasa, surat edaran, dan surat pengumuman.
A. Surat biasa
     Surat biasa adalah surat yang dikirimkan kepada seseorang atau kepada seorang pejabat dalam suatu organisasi.
B. Surat ederan
     Surat edaran adalah surat yang dikirimkan kepada beberapa pejabat atau beberapa orang tertentu.
C. Surat pengumuman
     Surat pengumuman adalah surat yang memuat berita untuk sejumlah orang atau pejabat yang namanya tidak disebutkan satu per satu.

1.3.6 Jenis surat berdasarkan maksud dan tujuannya
Berdasarkan maksud dan tujuannya, surat dapat dibagi menjadi beberapa macam, seperti surat pemberitahuan, surat perintah, surat instruksi, surat permohonan, surat panggilan, surta peringatan, surat pengantar, surat penawaran, surat pesanan, surat pengiriman barang.
A. Surat pemberitahuan
     Surat pemberitahuan adalah surat yang mempunyai maksud untuk memberitahukan tentang segala hal yang menyangkut kepentingan bersama.
B. Surat perintah
     Surat perintah adalah surat yang mempunyai maksud memberi perintah kepada bawahan dengan tujuan untuk melaksanakan tugas di luar pekerjaan rutin. 
C. Surat instruksi
     Surat instruksi pada dasarnya, pengertiannya sama dengan surat perintah.
D. Surat permohonan
     Surat permohonan adalah surat yang mempunyai maksud untuk memohon suatu hal, seperti memohon untuk cuti, memohon untuk memakai suatu kendaraan milik perusahaan, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan bersama.
E. Surat panggilan
     Surat panggilan adalah surat yang mempunai maksud untuk memangggil seseorang dengan tujuan tertentu bergantung pada siapa yang memanggilnya dan untuk keperluan apa seseorang memanggil orang tersebut.
F. Surat peringatan
    Surat peringatan adalah surat yang diberikan kepada seseorang dengan maksud untuk memberi peringatan kepada orang yang bersangkutan karena orang tersebut melakukan sesuatu yang melanggar ketentuan. Biasanya surat peringatan ini diberikan sebanyak 3 kali kepada orang yang bersangkutan.
G. Surat pengantar
     Surat pengantar adalah surat yang diberikan kepada suatu instansi tertentu dengan maksud memberi suatu pengantar apabila orang atau barang telah sampai kepada instansi yang dimaksud.
H. Surat tugas
     pengertian surat tugas itu sama dengan pengertian surat perintah dan surat instruksi
I. Surat keputusan
    Surat keputusan adalah surat yang dibuat oleh pejabat yang berwenang dengan maksud memberi suatu keputusan mengenai hal-hal yang dianggap penting dan perlu dengan tujuan agar dapat dilaksanakan secepat mungkin.
J. Surat Penawaran
    Surat penawaran adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli untuk menawarkan barnag atau jasa. Penawaran barang atau jasa dari penjual kepada calon pembeli terjadi karena adanya permintaan penawaran dari calon pembeli atau dapat juga tanpa adanya permintaan penawaran dari calon pembeli.
K. Surat pesanan
     Surat pesanan adalah surat yang dibuat dengan maksud dan tujuan untuk memesan barang atau jasa kepada pihak penjual dengan menyebutkan kriteria barang yang diinginkan.
L. Surat pengiriman barang
     Surat pengiriman barang adalah surat yang dibuat dengan maksud dan tujuan agar pembeli mempunyai persiapan untuk penerimaan barang tersebut karena sangat mungkin apabila barang pesanan tersebut memerlukan tempat penyimpanan (tempat barang) khusus.

1.3.7 Jenis surat berdasarkan dinas pos surat
Berdasarkan dinas pos surat, maka surat dapat dibagi menjadi 5 macam, yaitu surat kilat khusus, surat kilat, surat biasa, surat tercatat, dan surat berharga.
A. Surat kilat khusus
     Surat kilat khusus adalah surat yang harus secepatnya disampaikan kepada pengirimanya secara tercatat. Surat jenis ini dikirimkan paling dahulu dan biasanya dibuatkan resinya sebagai tanda bukti pengirimannya. Pengiriman surat kilat khusus ini biasanya hanya dapat dilayani pada kantor pos besar.
B. Surat kilat
    Surat kilat adalah surat yang hrus secepatnya disampaikan kepada penerimannya secara biasa. Surat ini harus didahulukan dibandingkan dengan surat biasa lainnya, tetapi tidak secara tercatat. Pengirimannya dapat dilayani di setiap kantor pos.
C. Surat biasa
     Surat biasa adalah surat yang harus disampaikan kepada penerimannya secara biasa menggunakan sampul biasa dan biayanya relatif lebih murah. Pengiriman surat jenis ini berdasarkan urutan surat yang ada.
D. Surat tercatat
   Surat tercatat adalah surat yang cara pengirimannya biasa, tetapi ada tanda bukti pengiriman yang diberikan kepada pengirim surat. Pengiriman surat tersebut dicatat oleh pegawai pos.
E. Surat berharga
     Surat berharga adalah surat yang dapat dipercaya kebenarannya, seperti akte kelahiran, akte tanah, surat perjanjian, sertifikat tanah, dan surat ijin mendirikan bangunan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar